20.12.13

Kawan dari Balikpapan

20.12.13
Selasa sore, 17 Desember 2013

Ketika saya menuliskan ini, mungkin kereta api yang membawa Anggi sudah masuk Bangil. Iya, dia menepati janjinya untuk mengunjungi kota kecil Jember. Saya menebak, pastilah Anggi sama seperti kawan-kawan luar kota yang lain, sesampainya nanti di Jember. Akan ada pertanyaan yang membola salju. Apa yang menarik dari Jember? Kulinernya apa saja? Bagaimana dengan budaya tradisionalnya? Apakah JFC mewakili wajah kearifan lokal masyarakatnya? Dan tentu, masih akan banyak lagi pertanyaan yang terlontar.

Anggi Alfonso Panjaitan, blogger asal kota Balikpapan yang berdarah Batak ini terlihat cerdas. Buktinya, dia berkaca mata. Tampak jika Anggi suka membaca buku, menukar satu dua jam waktu bersosialisasinya dengan mendownload ilmu. Hmmm, cerita apa yang bisa saya berikan pada Anggi? Entahlah, apa kata nanti.

Sejam yang lalu saya sempat berkirim sms ke Anggi. Saya ingatkan dia untuk menikmati perjalanan, mengingat di Balikpapan tak ada kereta api.Kalau saya lain. Sejak di dalam kandungan sudah akrab dengan spoor. Benar, kakek saya masinis. Namanya Sura'i. Beliau adalah Ayah dari Bapak saya, Abd. Rohim. Untuk kisah Kakek, akan saya publish di kesempatan yang lain, Insya Allah.

Sekitar pukul enam sore, ada sms dari Anggi. Dia sudah tiba di Stasiun Jember. Sebentar ya, saya jemput dia dulu.

Selasa malam, 17 Desember 2013

Anggi tampak segar bugar. Jadi, agak malaman saya mengajaknya ke acara Launching Majalah Ideas di aula Fakultas Sastra Universitas Jember. Kami tidak lama di sana. Setelah itu, bergeser ke Naong Kopi. Dari Naong, pulang ke panaongan, lalu ngobrol sampai pagi. Rame. Ketika mentari mulai bersinar, satu persatu dari kami mulai memejamkan mata di atas karpet warna merah.

Rabu, 18 Desember 2013

Kawan-kawan Pers Mahasiswa Jember lagi punya gawe. Sharing soal struktur "news reports" bersama Mas Andreas Harsono. Bertempat di LPM Alpha Fakultas MIPA Universitas Jember. Anggi saya ajak serta untuk merapat di acara tersebut. Alhamdulillah, rupanya Anggi menikmati betul acara tersebut hingga tuntas.

Sorenya kita bergeser, ngopi rame-rame di warung Bu Lik (sebuah warung yang ramai, lokasinya ada di dalam areal Universitas Jember). Lalu saya dan Prit pulang, sementara Anggi turut Pije ke rumahnya, di Puger.


Bersama Mas Andreas Harsono - Dokumentasi Persma Jember

Malam harinya, kawan-kawan Persma dan juga adik-adik saya dari pencinta alam SWAPENKA kumpul jadi satu di panaongan. Rame. Pije dan Anggi juga sudah kembali ke panaongan. Hadir juga  Mas Anik. Dia bercerita perihal persahabatannya dengan orang-orang keren di Baduy Dalam. Alhasil, kami kembali tidur pagi dan bangun siang hari.

Pada hari kamis, 19 Desember 2013, tak banyak yang kami lakukan. Hanya ngobrol-ngobrol santai saja. Saya bercerita tentang Jember, Anggi berkisah tentang Balikpapan. Dia bahkan meluangkan waktu untuk berbagi cerita tentang legenda (asal-usul) kota Balikpapan pada kawan-kawan kecil saya, Rini dan Nina. Juga mengajari mereka mengarang indah. Hmmm, apalagi ya? Ohya, sorenya kami sempatkan ngopi di puncak rembangan.

Sekarang sudah masuk hari Jum'at, 20 Desember 2013 pukul 03.23 WIB. Anggi tertidur pulas di samping kanan saya, masih di atas karpet warna merah. Pije, Arus, dan Pemes juga sudah terlelap. Fanggi tidak menginap di panaongan. Dia pulang sejak tadi. Yang terjaga hanya tinggal saya, Prit, dan Bang Faisal Korep.

Nanti siang sehabis Jum'atan saya dan Prit ada acara di SMKN 1 Jember. Masih seputar jurnalistik. Mau ngajak Anggi, nggak tega. Sepertinya dia sedang ingin jalan-jalan. Jadi, saya sarankan dia seharian nanti untuk berpelesir bersama Pije, menikmati kota kecil berhati luas, hehe.

Sudah ah, saya istirahat dulu.

Dadaaaah, twing!

12 komentar:

  1. Pengen dong diajak juga menikmati kota kecil berhati luas itu ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin Kakak cepet banget ke Jember-nya :)

      Hapus
  2. Salam kenal buat Mas Anggi.

    Ceritamu selalu komplit Mas. Eh gak ding.. Ditunggu loh postingan tentang kakeknya sampean yang masinis :)

    selamat istrhat Mas.
    semoga acara hari ini lancar semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, di artikel setelah ini ya Sam. Wes ngopi? hehe..

      Hapus
    2. Wes ngopi Mas. Malah wes nambah barang.

      *tetap menanti.

      Hapus
  3. salam buat mbak angginya mas, saya juga dari Balikpapan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, si Anggi itu cowok tulen lho Mbak :) Iya, salamnya sudah saya sampaikan, salam balik katanya. Makasih

      Hapus
  4. di manapun tetap narsis hehe

    BalasHapus
  5. mas, jember ya?
    saya di unej loh mas...
    alhamdulillah ya, akhirnya saya menemukan sahabat blogger di jember...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maen-maen dong ke rumah saya, di Patrang. Atau, kita janjian ngopi aja?

      Hapus
  6. kapan ya aku bisa ke JEmber

    BalasHapus

acacicu © 2014