2.11.16

Mengenang Hotel Seroja Jember

2.11.16
Jember pernah punya penginapan di dekat pusat kota, namanya Hotel Seroja. Pemiliknya adalah pengusaha dari Kalisat. Ia pernah direnovasi di era 1980an, kemudian mengalami kemandegan, dan mulai dibongkar sejak akhir September 2013. Kini di atas tanah 'Hotel Seroja' berdiri deretan waralaba modern.

Ketika Seroja telah tinggal cerita, beberapa orang mulai bertanya-tanya, 'Mengapa Hotel Seroja justru gulung tikar di saat bisnis penginapan di Jember sedang bergeliat?' Ada yang bilang, ia telah berganti kepemilikan. Ada juga yang berkata, usaha penginapan tersebut kembang-kempis sebab tak pernah melakukan inovasi alias reka baru.


Hotel Seroja. Foto milik Dodit Rahadi, diunggah di grup Nostalgia Kampung Jember pada 14 April 2012

Di sebuah grup Facebook Nostalgia Kampung Jember, Joyce Köhler, Ibunda dari Ahmad Dhani, ia menulis, "Tahun 1982 saya pernah nginep bersama anak-anak."

Nostalgia tentang Hotel Seroja rupanya bukan hanya milik Joyce Köhler saja. Banyak orang yang memiliki kenangan dengan Seroja.

Di penghujung tahun 2012, seorang teman bernama Achmad Bachtiar pernah bilang begini kepada saya, "Jare Ibukku, mbiyen Hotel Seroja iku jenenge duduk Seroja, tapi Hotel Serudji." Di tahun berikutnya, ketika saya tanyakan itu kepada cucu pejuang Jember, Letkol Moch. Sroedji, Irma Devita Purnamasari namanya, ternyata apa yang dikatakan Ibu teman saya benar. Mulanya Hotel Seroja bernama Hotel Serudji. Karena berbagai pertimbangan, pada akhirnya pihak keluarga meminta secara baik-baik kepada pihak pemilik hotel untuk berganti nama, maka jadilah Hotel Seroja.

Kini, ketika akan menulis kembali tentang Pesona Jogja Homestay, tiba-tiba saya teringat akan Hotel Seroja. Bukan karena apa, sebab Pesona Jogja Homestay adalah milik suami dari Irma Devita Purnamasari, cucu pejuang kemerdekaan Moch. Sroedji.

Tambahan

Baca tulisan saya tentang Pesona Jogja Homestay, berjudul; Penginapan itu Mengingatkanku Pada Losmen Bu Broto. Catatan selanjutnya berjudul; Jalan Menuju Pesona Jogja Homestay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

acacicu © 2014